19 Desember 2014 09:50

Perpres 172/2014 : Perubahan Ketiga Perpres 54/2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Tanggal 1 Desember 2014, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 172 Tahun 2014 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Perubahan dalan Perpres 172/2014 ini meliputi penambahan kriteria dalam penunjukan langsung berupa sisipan pada Pasal 38 ayat (5), yaitu “Pekerjaan pengadaan dan penyaluran benih unggul yang meliputi benih padi, jagung, dan kedelai, serta pupuk yang meliputi Urea, NPK, dan ZA kepada petani dalam rangka menjamin ketersediaan benih dan pupuk secara tepat dan cepat untuk pelaksanaan peningkatan ketahanan pangan.

Dengan adanya tambahan sisipan ini, pengadaan tersebut dapat dilakukan dengan metode penunjukan langsung mengingat memang pengadaan benih maupun pupuk bergantung pada musim serta waktu tanam yang sudah teratur sehingga apabila dilakukan dengan proses menjadi tidak bisa dipastikan waktunya, apalagi kalau terjadi gagal lelang.

Dengan adanya perubahan ini diharapkan dapat meminimalisir kegagalan panen oleh petani yang disebabkan mundurnya masa tanam karena proses pengadaan benih dan pupuk yang tidak dapat diprediksi apabila dilakukan dengan proses lelang.

Attachment: